Jumat, 01 Juli 2016

Langkah-Langkah Proses Pembuatan Carton Box

Carton box lebih dikenal dengan istilah kardus ditengah masyarakat memang amat sangat dibutuhkan. Dan salah satu fungsinya tentu saja untuk mengemas atau bahkan mengepak barang dan juga material sebelum dikirimkan. Bukan hanya itu saja, namun dus yang seperti ini juga bisa anda manfaatkan untuk menyimpan beberapa barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Yang pasti carton box ini banyak sekali manfaatnya.




Hanya saja tidak semua jenis carton box bisa tahan untuk dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan ada juga karton yang mudah rusak jika jatuh atau tertindih. Selain itu juga rentan dari yang namanya air makanya anda perlu menjauhkannya dari air. Nah, setelah kita mengetahui mengenai berbagai manfaat dari carton box ini. Saatnya kita membahas mengenai langkah proses pembuatan carton box itu sendiri. Langkahnya yaitu sebagai berikut:
  1. Membuat sheet single wall
  2. Dimana untuk pembuatannya membutuhkan 3 kertas roll dengan ukuran besar. Dua roll nya ini akan dijadikan liner dan satunya menjadi corrugating medium. Saat proses pembuatan single wall ini kertas medium dilembutkan dengan menggunakan uap dalam sebuah pre-conditioner yang kemudian dibentuk menjadi gelombang dengan cara menekan diantara dua corrugating roll. Jika sudah ditekan tentu saja akan berubah bentuknya menjadi flute. Setelah itu, pada bagian puncak gelombangnya diberi lapisan glue. Bagian flute yang sudah diberi lapisan glue tadi kemudian bisa anda tempelkan pada linerboard dan selanjutnya dilanjutkan dengan proses pengepresan dengan menggunakan pressroll .
  3. Membuat double wall
  4. Untuk prosesnya memang sama dengan single wall hanya saja bedanya untuk single facernya ada 2 unit.
  5. Proses converting
  6. Selanjutnya, adalah proses converting. Proses ini adalah proses disaat pembuatan sheet sudah selesai atau setelah hasil produksinya berupa lembaran karton. Setelah melewati proses pembuatan, selanjutnya akan dikirimkan pada bagian konverting untuk diproses lebih lanjut. Nah untuk proses konverting ini meliputi berbagai hal berikut:
    • Printing atau pemberian cetakan.
    • Dilanjut dengan pembuatan slotter dan juga lidah box.
    • Kemudian pembuatan creasing vertical.
    • Dilanjut dengan proses folding atau melipat.
    • Yang terakhir yaitu stiching atau langkah penyambungan.
  7. Finishing
  8. Jika sudah, proses pembuatan carton box yang terakhir tentu saja proses finishing. Proses finishing sendiri cukup mudah, Anda hanya tinggal mengikatnya perbendel dengan jumlahnya per pcs sesuai dengan permintaan para pelanggan. Ketika carton box ini sudah jadi pastinya tinggal mengirimkan kepada para pelanggannya. Mengingat carton box memang banyak manfaatnya bagi kita semua. Sehingga carton box ini akan selalu dibutuhkan banyak orang tentunya. Bagaimana? Ingin mencoba membuat carton box. Cara ini tergolong mudah dan juga efisien.