Jumat, 15 Juli 2016

Tips Memilih Baju Untuk Bayi

Anak merupakan anugerah terbesar yang dimiliki oleh orang tua. Setiap orang tua tentu ingin memenuhi kebutuhan si kecil, khususnya pakaian. Pakaian akan membuat bayi tampak lebih lucu dan menggemaskan. Selain itu, baju bayi dapat melindungi kulit dan memberi kenyamanan bagi bayi.

Jangan memilih baju bayi hanya untuk sekedar membuatnya tampak lucu, cantik atau menggemaskan, tapi perhatikan juga fungsi baju lainnya. Karena tidak semua pakaian nyaman untuk bayi, ada yang membuat gatal-gatal, terlalu ketat, bahkan ada yang sampai melukai kulit mulus bayi. Jangan sampai baju tersebut mengandung zat adiktif, takutnya si bayi akan mengemut ujung baju sehingga menyebabkan pencernaan terganggu.


Selain itu, jika terhirup akan mengganggu pernafasan. Maka dari itu, simak beberapa tips memilih baju untuk bayi di bawah ini:

  1. Pilih baju yang berkualitas
  2. Pilih baju bayi yang benar-benar berkualitas. Hindari warna yang mudah luntur, karena jika terserap pori-pori kulit bayi akan berbahaya. Pilih jahitan yang rapi agar bayi nyaman memakainya. Bila perlu yang mempunyai sertifikat standar untuk baju bayi.
  3. Pilih bahan yang bagus
  4. Pilih bahan yang benar-benar bagus. Hindari baju bayi dengan bahan pure nilon, parasut, atau jeans. Karena bahan tersebut panas, dan bayi sangat mudah gerah. Apabila sering berkeringat, bayi nantinya akan gatal-gatal. Hindari pula bahan yang kasar dan keras, agar bayi tidak iritasi. Pilih bahan baju untuk bayi dengan yang halus dan lembut. Pilih baju yang berbahan katun, karena lembut, dan menyerap keringat. Selain itu, sesuaikan juga bahan baju dengan cuaca. Saat panas gunakan yang berbahan tipis. Jika dingin, berikan baju bayi yang hangat.
  5. Cari baju yang nyaman
  6. Jangan mencari baju bayi yang terlalu banyak aksesoris seperti payet atau manik-manik, bros, pita, tali atau bahan lain yang membahayakan. Pilihlah model yang sederhana dan tidak terlalu ketat, agar bayi tidak gerah. Dengan begitu ia akan senantiasa merasa nyaman saat memakai baju bayi.
  7. Usahakan ukuran pas
  8. Bayi akan selalu tumbuh seiring berjalannya waktu, demikian pula dengan ukuran baju bayi. Pilihlah ukuran yang sekiranya pas dengan usia bayi anda. Jangan terlalu besar dan jangan pula terlalu ketat.
  9. Usahakan bagian leher sederhana
  10. Belilah baju bayi dengan ukuran leher yang pas. Jangan terlalu kecil karena akan membuatnya sesak. Jangan pula membeli model kerah yang memiliki renda, karena akan membuat gatal si kecil.
  11. Pilih yang perawatannya mudah
  12. Bahan baju bayi yang dipilih saat membeli sangat berpengaruh pada perawatannya. Walaupun terlihat mewah dan lucu, gaun dari bahan tulle akan membuat bayi mudah terkena iritasi. Lebih baik anda memilih bahan katun, yang lembut dan mudah dicuci. Serta jangan memilih yang banyak manik-manik, karena akan mempersulit dalam pencucian.
Itulah tips memilih baju untuk bayi. Usahakan memilih baju bayi yang nyaman untuk bayi anda.