Kamis, 18 Agustus 2016

Hati-Hati dalam mencuci baju bayi anda agar tetap awet.

Terdapat bermacam tipe pakaian bayi yang bisa kita pilih sebagai bentuk persiapan kelahiran untuk buah hati. Tipe pakaian bayi ini bisa bermacam-macam dari segi model hingga bahan dasar, yang nantinya akan mempengaruhi kenyamanan.


Seiring waku dan sering dipakai, sebuah baju untuk bayi dapat berubah dari segi kenyamanan.

Ada beberapa baju yang melar, luntur hingga hilang elastisitas. Ada kalanya anda juga harus memahami cara merawat baju bayi yang tentunya dengan perawatan yang baik dan benar maka pakaian bayi tersebut akan tetap memberikan kenyamanan bagi buah hati anda. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara perawatan baju bayi yang bisa anda lakukan pada pakaian bayi anda:
  1. Pertimbangkan untuk mencuci baju setelah membeli
    Sebagai langkah yang baik, disarankan untuk melakukan pencucian selepas anda membeli baju bayi. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan sisa pengawet pada bahan, yang mungkin akan membuat kulit bayi iritasi. Cukup rendam menggunakan air hangat, tidak perlu menggunakan detergent.
  2. Gunakan detergen khusus bayi
    Jika diharuskan mencuci dengan detergent, maka gunakan detergent yang khusus untuk bayi. Atau cucilah baju bayi anda dengan menggunakan sabun non detergent, atau yang mengandung moisturiser dan pelembab. Dengan begitu, kulit bayi akan terlindungi dari segala macam iritasi yang disebabkan oleh kimia berbahaya.
  3. Perhatikan proses mencuci pakaian bayi anda
    Lebih perhatikan saat anda mencuci pakaian bayi anda, bahan yang berbeda perlu perlakuan cuci yang berbeda pula. Terutama untuk baju yang berwarna lebih dominan. Perhatikan apakah warna mudah luntur ketika dicuci, atau apakah perlu menyikat baju jika ada noda. Agar bahan tidak berubah menjadi kasar, bisa menggunakan sikat dengan ujung halus atau menggunakan sikat gigi berujung halus untuk menyikatnya.
  4. Keringkan tanpa langsung terpapar matahari
    Jika memang harus mengeringkan dibawah sinar matahari, maka keringkan untuk jenis baju hangat saja. Sedangkan untuk baju berbahan katun, bisa dikeringkan menggunakan mesin. Karena proses selanjutnya, baju akan disetrika. banyak yang beranggapan menggunakan sinar matahari akan membunuh kuman yang menempel di baju, tapi beberapa bahan baju bayi sudah dirancang tidak akan meninggalkan kuman di bahannya.
  5. Cuci segera selepas pakaian bayi tersebut kotor
    Untuk perawatan baju bayi anda bisa lakukan dengan melakukan pencucian baju setelah ada noda yang menempel pada baju tersebut. Cara yang demikian ini akan sangat mempermudah anda dalam menghilangkan noda yang menempel pada pakaian. Bahkan hal ini juga akan mengurangi menumpuknya pakaian kotor pada cucian anda.
Beberapa cara merawat baju bayi di atas sangatlah penting untuk diperhatikan dengan tujuan untuk tetap menjaga pakaian tersebut nyaman saat dikenakan pada bayi anda. Tahapan dalam proses pencucian serta pengeringan juga sangat perlu diperhatikan guna menjaga kualitas dari baju tersebut. Untuk itu, mulai saat ini dengan melakukan cara perawatan yang benar maka diharapkan bayi anda tidak mengalami permasalahan seputar baju yang dikenakannya.