Sabtu, 21 Mei 2016

Memilih Mainan Bayi yang Aman

Bayi adalah anugerah yang terindah di dunia ini. Untuk itu, kita juga harus memberikan kesenangan pada bayi kita. Salah satunya adalah dengan memberikan mainan yang bisa membuat si bayi tersenyum dan aktif untuk memainkannya. Dengan mainan bayi, tentu saja bayi akan belajar banyak hal juga. Tidak hanya untuk bermain, mainan juga berdampak positif bagi tumbuh kembang kecerdasan otak si bayi, dengan bermain dengan mainan, bayi akan mengembangkan sensor motoriknya yang mana berkaitan dengan respon pada saat bermain.
Dalam memberikan mainan kepada bayi, tentu saja karena si bayi masih belum mengetahui apa – apa, kita harus memperhatikan banyak hal terutama yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan si bayi lewat mainan.


Dibawah ini ada beberapa tips untuk anda dalam memilih mainan bayi yang baik dan aman untuk bayi anda.
Memilih Mainan Bayi yang Aman

1. Berwarna mencolok
Warna mencolok pada mainan adalah salah satu hal yang dapat menarik perhatian si bayi. Dari warna yang mencolok, bayi juga bisa belajar secara tidak langsung tentang warna. Untuk mendapatkan perhatian si bayi terhadap mainannya, warna dibuat mencolok agar si bayi bisa memberi perhatian khusus bagi mainan itu sendiri. 

2. Bisa dicuci
Mainan untuk bayi memang dibuat dengan bermacam – macam desain dan warna. Namun, yang butuh kita perhatikan adalah kemampuan mainan untuk bisa dicuci. Contoh saja boneka. Boneka yang dijadikan untuk mainan si bayi diharapkan bisa dan mudah untuk dicuci. Pasalnya, mainan yang digunakan untuk bayi biasanya akan digigit oleh si bayi. Untuk menjaga kebersihannya, kita harus mencuci mainan bayi secara teratur. Mainan yang bersih akan mengurangi kuman yang bisa membahayakan kesehatan si bayi.

3. Tidak mudah luntur
Mainan yang dimainkan oleh bayi biasanya akan digigit dan tentu saja akan mengenai liur si bayi. Nah, dari sini, kita diharapkan agar memperhatikan mainan tersebut. Lebih baik memilih mainan yang tidak mudah luntur. Jika mainan yang diberikan kepada si bayi mudah luntur, ada kemungkinan bahan kimia yang digunakan bisa masuk ke dalam tubuh si bayi dan tentunya hal ini tidak diinginkan karena bisa merusak kesehatan si bayi.

4. Kualitas baik
Kualitas yang baik memang menjadi tolak ukur untuk mendapatkan semua produk. Baik mainan ataupun barang yang lain, kualitas menjadi nomor satu. Untuk mainan itu sendiri, kualitas bisa kita lihat dari bahan yang digunakan. Pastikan bahwa mainan yang kita berikan pada bayi kita aman dari bahan kimia yang berbahaya. Hindari mainan yang berasal dari China karena kebanyakan mainan dari China memiliki bahan kimia yang tidak layak untuk digunakan sebagai bahan mainan bayi. Pastikan mainan bayi kita aman dari hal – hal yang tidak baik.